Peningkatan Profesionalitas Guru Untuk Membangun Brand Image TK Plus Al-Kautsar Malang melalui Strategi Wawasan Kommotiv – Dra. Mufathonah, M.KPd (Malang)

GURU PROFESIONAL YANG DIHARAPKAN

  • Guru Profesional memiliki:

Bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme

Komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan

Kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidikan

Tanggunggung jawab atas tugas keprofesionalannya. (Pasal 7 dan 8 UURI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen)

  • Guru yang berstandar kualifikasi akademik pendidikan (guru anak usia dini) minimum D-IV atau S1. (Pasal 29 PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan)
  • Guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. (Pasal 4 UURI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen)

KONDISI RIEL YANG DIHADAPI TK PLUS AL-KAUTSAR TAHUN: 2005/2006

  • Guru yang dimiliki 19 orang dan hanya 9 orang saja yang memenuhi syarat kelayakan mengajar
  • Tuntutan masyarakat tentang pendidikan yang bermutu
  • Tingkat kompetitif yang tinggi pendidikan anak usia dini di Malang

PERMASALAHAN

  • Bagaimana peningkatan profesionalitas guru untuk membangun brand image TK Plus Al-Kautsar melalui strategi “wawasan kommotiv” ?
  • Dampak apakah yang diperoleh setelah dilakukan peningkatan profesionalitas guru melalui strategi “wawasan kommotiv” ?

STRATEGI PEMECAHAN MASALAH

Deskripsi Strategi

Menggunakan strategi “Wawasan Kommotiv”.

Tahapan Operasional Pelaksanaan

Tahapan pra pelaksanaan

Tahapan sosialisasi

Tahapan pelaksanaan program

DAMPAK / HASIL YANG DICAPAI

No

Uraian

Hasil

Sebelum

Sesudah

1.

Akreditasi

Akreditasi B

Akreditasi A

2.

Kompetensi guru

S2 : 0

S1 : 7

Proses S1 : 2

PGTK : 10

S2 : 1

S1 : 8

Proses S1 : 9

PGTK : 1

3.

Waktu Pendaftaran Penerimaan murid baru

2 minggu -1 bulan

2 minggu- 1minggu

1 minggu

2 minggu-1 minggu

1 minggu

3 hari

4..

Out Put:

SD Negeri Unggulan

MIN

SD Islam Unggulan

SD Biasa

20%

20%

20%

40%

30%

30%

30%

10%

5.

Persiapan Mengajar

60%

99%

6.

Kemampuan berkomunikasi guru dan siswa

Cukup

Baik

7.

Prestasi Siswa dalam lomba

7 Medali-12 Medali

20 Medali

KESIMPULAN DAN SARAN/REKOMENDASI

Kesimpulan

  • Dengan strategi “wawasan kommotiv” upaya peningkatan profesionalitas guru memiliki makna yang sangat strategis.
  • Dampak yang dicapai dari implementasi strategi “wawasan kommotiv” di TK Plus Al-Kautsar dalam peningkatan profesionaltas guru adalah semakin meningkatnya:

Kemampuan/kompetensi guru dalam pembelajaran

Mutu Out put/prestasi peserta didik dalam pengembangan bakat minat

Brand image terhadap TK Plus Al-Kautsar

Saran/Rekomendasi

  • Bagi pengelola pendidikan, perlunya membangun sistem seleksi dan rekrutmen dan meningkatkan “wawasan kommotiv” .
  • Bagi pengambil kebijakan, perlunya “wawasan kommotiv” untuk menjadi bahan pertimbangan untuk menyusun pembuatan kebijakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: