PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI TK AISYIYAH 2 KOTA PAREPARE – MULIATI S.Pdi (Parepare)

LATAR BELAKANG

Kepala sekolah merupakan salah satu tenaga kependidikan yang keberadaanya sangat esensial di sekolah. Keefektifan suatu sekolah dalam menggapai visi, mengemban misi, dan menjalankan aktivitas pendidikan

mempersyaratkan adanya seorang kepala sekolah yang efektif, yaitu seorang kepala sekolah yang mampu mengelola sumber daya manusia maupun non-manusia secara efektif dan efisien.

RUMUSAN MASALAH

Bagaimana peranan kepala TK sebagai EMASLEC (Educator, Motivator, Administrator, Supervisor, Leader, Enterpreneur, Climator maker) dalam mengelola sekolah dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah?

TUJUAN

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah:

  1. Untuk memenuhi salah satu pensyaratan mengikuti seleksi pemilihan Kepala sekolah berprestasi tingkat Kota Parepare.
  2. Memperoleh pengetahuan tentang strategi yang digunakan oleh seorang kepala sekolah sebagai EMASLEC (Educator, Motivator, Administrator, Supervisor, Leader, Entrepreneur, Climator maker) dalam mengelola sekolahnya dengan menggunakan manajemen berbasis sekolah.

MANFAAT

  • Bagi kepala sekolah, makalah ini bermanfaat untuk menambah wawasan keilmuannya dan meningkatkan keterampilannya mengelola sekolah dan seluruh sumber daya yang dimilikinya serta dengan mengetahui manajemen berbasis sekolah maka ia dapat menerapkan dalam pengelolaan sekolah yang dipimpinnya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Bagi penulis, menambah wawasan atau pengetahuan tentang cara penulisan makalah.

KAJIAN TEORI

Manajemen berbasis sekolah (MBS) sebagai terjemahan dari School Based Management, adalah suatu pendekatan politik yang bertujuan untuk me-redisain pengelolaan sekolah dengan memberikan kekuasaan kepada Kepala Sekolah dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya perbaikan kinerja sekolah yang mencakup guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat. Manajemen Berbasis Sekolah merubah sistem pengambilan keputusan dengan memindahkan otoritas dalam pengambilan keputusan dan manajemen ke setiap yang berkepentingan di tingkat lokal (lokal stakeholder)(Chapman, J, 1990).

Dinas Pendidikan telah menetapkan bahwa kepala sekolah harus mampu melaksanakan pekerjaannya sebagai edukator; manajer; administrator; dan supervisor (EMAS). Dalam perkembangan selanjutnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman, kepala sekolah juga harus mampu berperan sebagai leader, entrepreneur, motivator, dan climator maker. Dengan demikian dalam paradigma baru manajemen pendidikan, kepala sekolah harus mampu berfungsi sebagai edukator, motivator, administrator, supervisor, leader, entrepreneur, dan climator maker (EMASLEC) (Mulyasa, 2007).

EMASLEC

Educator,

Motivator,

Administrator,

Supervisor,

Leader,

Entrepreneur,

Climator Maker

Kepala Sekolah Sebagai Educator (Pendidik)

Dalam melakukan fungsinya sebagai edukator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesional tenaga kependidikan di sekolahnya.

Menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberikan nasehat kepada warga sekolah,  memberikan dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik, seperti team teaching, moving class, dan mengadakan program akselerasi (acceleration) bagi peserta didik yang cerdas di atas normal.

Kepala Sekolah sebagai Motivator

Sebagai motivator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya. Motivasi ini dapat ditumbuhkan melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, penghargaan secara efektif, dan penyediaan berbagai sumber belajar.

Kepala Sekolah sebagai Administrator

Secara spesifik, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum, mengelola administrasi peserta didik, mengelola administrasi personalia, mengelola administrasi sarana dan prasarana, mengelola administrasi kearsipan dan mengelola administrasi keuangan. Kegiatan tersebut perlu dilakukan secara efektif dan efisien agar dapat menunjang produktivitas sekolah.

Kepala sekolah sebagai Supervisor

Oleh karena itu, salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai supervisor, yaitu mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan. Sergiovani dan Starrat dalam Mulyasa (2007) mengemukakan bahwa supervisi merupakan suatu proses yang dirancang secara khusus untuk membantu para guru dan supervisor dalam mempelajari tugas sehari-hari disekolah; agar dapat menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada orang tua peserta didik dan sekolah, serta berupaya menjadikan sekolah sebagai masyarakat belajar yang lebih efektif.

Kepala sekolah sebagai Leader

Kepala sekolah sebagai leader harus mampu memberikan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemauan tenaga kependidikan , membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan tugas.

Kepala sekolah sebagai Entrepreneur

Kepala sekolah sebagai entrepreneur harus mampu memiliki berbagai macam keahlian yang keahliannya itu dapat diteruskannya kepada orang-orang yang dipimpinnya.

Kepala sekolah sebagai Climator Maker

Kepala sekolah sebagai Climator maker harus mampu menyusun berbagai rencana kerja yang kemudian menuangkan dalam bentuk perangkat kerja yang dilaksanakan dalam suasana yang kondusif dan menyenangkan. Iklim yang kondusif akan membantu terwujudnya stabilitas kerja yang tinggi yang pada akhirnya pencapaian berbagai rencana kerja yang telah disusun sebelumnya menjadi lebih efektif dan efisien.

1 Response so far »

  1. 1

    please permit me to read this writing
    since it is very useful for me and other readers
    merci
    marjohan


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: