OPTIMALISASI TUGAS DAN FUNGSI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA 1 SEBAGAI TAMAN KANAK-KANAK PERCONTOHAN – Reni Syalvida (Palembang)

LATAR BELAKANG

Pendidikan TK sebagaimana dinyatakan dalam undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28, ayat 3 merupakan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal .

Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 1 Palembang didirikan oleh pemerintah dengan harapan dapat menjadi model atau percontohan bagi TK lainnya di Propinsi Sumatera Selatan.

ž

PERMASALAHAN

ž Sampai pada awal tahun 2005 yaitu pada saat pertama kali penulis bertugas sebagai kepala sekolah dilembaga ini, sekolah ini belum dapat memenuhi fungsinya sebagai TK percontohan.

Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa hal :

  • Bidang kepemimpinan
  • Bidang pembelajaran
  • Bidang administrasi / manajemen
  • Bidang Pemberdayaan masyarakat

KAJIAN TEORI

ž PP 28 tahun 1990 Pasal 2 ayat 1

“kepala sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana”.

ž Depdiknas (2003:17)

menyatakan “kepala sekolah, guru dan masyarakat adalah pelaku utama dan terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan disekolah sehingga segala keputusan mengenai penanganan persoalan pendidikan pada tingkat mikro harus dihasilkan dari interaksi ketiga pihak tersebut”

ž

ž Gary Yukl dalam Syaiful Sagala (2006:146)

“ leadership is defined broadly as influence processes affecting the interpretation of events for followers, the choie of objectives for the group or organization, the organization of work activities to accomplish the objectives, the motivation of followers to achieve the objectives, the mantenance of cooperative relationships and teamwork, and the enlistment of support and cooperation from people outside the group or organization”

ž

artinya kepemimpinan adalah proses mempengaruhi dan menterjemahkan keinginan-keinginan para anggota atau pengikut yang menekankan pada tujuan dan sasaran organisasi melalui kegiatan memberi motivasi, memelihara hubungan kerjasama yang baik dengan anggota dan memberi dukungan pada kelompok-kelompok tertentu diluar dan di dalam organisasi.

ALASAN PEMILIHAN STRATEGI

ž

  • Bidang Kepemimpinan: visi dan misi, program kerja, pemberdayaan sumber daya dan sarana prasarana, pengawasan dan pembinaan.
  • Bidang Pembelajaran: meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik, dan sarana prasarana.
  • Bidang Pemberdayaan masyarakat
  • Bidang Pemberdayaan masyarakat: perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat dan kerjasama dengan instansi terkait.
  • Bidang kewirausahaan: memberdayakan potensi yang ada, upaya menciptakan inovasi-inovasi
  • dibidang pembelajaran, promosi sekolah untuk dimanfaatkan pihak-pihak lain .

ž

HASIL YANG DICAPAI

  • Bidang kepemimpinan: tersusun visi dan misi program kerja, uraian tugas, dan program supervisi.
  • Bidang Pembelajaran: profesionalisme guru meningkat, guru-guru telah mengikuti program S1 PAUD, telah direalisasikan rehabilitasi dan renovasi gedung.
  • Bidang Manajemen: Administrasi telah dilengkapi dan dikelola dengan baik.
  • Bidang Pemberdayaan masyarakat: sudah terjalin partisipasi masyarakat dan instansi terkait
  • Bidang Kewirausahaan: tercipta inovasi pembelajaran dan telah berfungsi sebagai TK percontohan di provinsi Sumatera Selatan.

ž

KESIMPULAN

TK Negeri Pembina dapat menjadi TK percontohan apabila kepala TK, guru, komite TK, dinas pendididikan nasional, dan masyarakat dapat bekerja sama.

Mengetahui permasalahan sehingga dapat menentukan strategi dan langkah-langkah yang tepat.

REKOMENDASI

Untuk mewujudkan TK Negeri Pembina sebagai TK percontohan, diperlukan inovasi – inovasi dan pengembangan sumber daya dan sarana prasarana, untuk itu diharapkan kiranya pemerintah khususnya dinas pendidikan nasional dan departemen pendidikan nasional selalu memprogramkan pelatihan-pelatihan bagi kepala TK dan guru TK Negeri Pembina seluruh Indonesia dan memberikan bantuan baik berupa dana maupun sarana.

Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi awal untuk pendidikan selanjutnya, oleh sebab itu diharapkan pemerintah dapat lebih memberikan perhatian kepada guru-guru TK dengan meningkatkan penghargaan / reward kepada guru-guru dan kepala TK yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan berprestasi.

LAMPIRAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: