MANAJEMEN SUMBER DAYA SEKOLAH MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TAMAN KANAK – KANAK TK PETRA TUAL (Maluku)

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

  • HANCURNYA GEDUNG SEKOLAH DAN SEMUA FASILITAS SEKOLAH PASKA KONFLIK
  • PENYEDIAAN FASILITAS SEKOLAH YANG CUKUP TERBATAS
  • KURANGNYA PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH
  • MUTU GURU YANG MASIH RENDAH
  • ADMINISTRASI SEKOLAH YANG BELUM TERATUR
  • KETAHANAN SEKOLAH YANG KURANG MANTAP

B. IDENTIFIKASI MASALAH

  • BAGAIMANA MEMBANGUN KEMBALI GEDUNG SEKOLAH PASKA KONFLIK ?
  • BAGAIMANA MENINGKATKAN FASILITAS SEKOLAH YANG CUKUP TERBATAS ?
  • BAGAIMANA MEMBERDAYAKAN KIMITE SEKOLAH ?
  • BAGAIMANA MENINGKATKAN MUTU GURU
  • BAGAIMANA MEMBENAHI KEMBALI ADMINISTRASI SEKOLAH ?
  • BAGAIMANA MEMBANGUN KETAHANAN SEKOLAH YANG MANTAP ?

C. STRATEGI PEMECAHAN MASALAH

  • MELAKUKAN KERJA SAMA DENGAN DINAS PENDIDIKAN , PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN MALUKU TENGGARA SERTA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROPINSI MALUKU
  • MENGAJUKAN PROPOSAL KEPADA PIHAK – PIHAK TERKAIT
  • BEKERJA SAMA DENGAN PIHAK YAYASAN Dr. J.B. SITANALA
  • KERJA SAMA DENGAN KOMITE SEKOLAH

BAB II

PEMBAHASAN MASALAH

A. DAMPAK YANG MUNCUL

  • PENYEDIAAN FASILITAS SEKOLAH, YANG MELIPUTI :
    1. FASLITAS BERMAIN DI LUAR KELAS SEPERTI, AYUNAN, JUNGKITAN, TANGGA MAJEMUK, MELUNCUR, PAPAN TITIAN DAN SIMPAI
    2. FASILITAS DI DALAM KELAS SEPERTI, SUDUT KETUHANAN, SUDUT KELUARGA, SUDUT ALAM SEKITAR, SUDUT PEMBANGUNAN DAN SUDUT KEBUDAYAAN
    3. ALAT PERMAINAN EDUKATIF, SEPERTI, PUCEL, KUDA – KUDAAN, AQUARIUM, GAMBAR BINATANG , BALOK DAN ALAT – ALAT DAPUR
  • PENINGKATAN MUTU GURU MELALUI BERBAGAI PELATIHAN TINGKAT, KABUPATEN, PROPINSI MAUPUN NASIONAL
  • PEMBENAHAN KEMBALI ADMINISTRASI SEKOLAH
  • PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH, SEPERTI RUANG KELAS DAN RUANG KEPALA SEKOLAH
  • DAMPAK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

B. KENDALA YANG DIHADAPI

  • BIAYA
  • MEMBANGUN KEMBALI KEPERCAYAAN ORANG TUA UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI TK PETRA PASKA KONFLIK

C. FAKTOR PENDUKUNG

  • PEMERINTAH DAERAH
  • PIHAK YAYASAN
  • KOMITE SEKOLAH DAN ORANG TUA SISWA
  • MASYARAKAT SEKITAR

D. ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH

  • MENGADAKAN PENDEKATAN DENGAN ORANG TUA
  • PEMBENAHAN ADMINISTRASI SEKOLAH
  • MENGGUNAKAN GEDUNG GEREJA SEBAGAI PERSEKOLAHAN SEMENTARA
  • PENDEKATAN DENGAN KOMITE SEKOLAH

PENUTUP

A. KESIMPULAN

  • TUJUAN AKHIR
  • HASIL YANG DICAPAI

B. REKOMENDASI OPERASIONAL

  • SARAN DAN MASUKAN
  • RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH KEDEPAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: