FUNGSI MANAJEMEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I PALU – Maimun Lawira (Palu)

    Bab I

    PENDAHULUAN

    1. LATAR BELAKANG

    • Untuk meningkatkan dan mempertahankan eksistensi dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu ditengah persaingan Taman Kanak-kanak yang semakin ketat.
    • Untuk menjadikan sekolah TK favorit maka diperlukan pengelolaan TK yang baik sehingga diperlukan alternatif dengan menerapkan ‘Fungsi Manajemen Dalam Proses Pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu’.

    2. Permasalahan

    1. Jumlah tenaga guru yang berstatus PNS tidak sebanding dengan jumlah guru yayasan.
    2. Sarana dan prasarana pendukung masih terbatas.
    3. Bagaimana fungsi manajemen dalam proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu.

    3. Strategi Pemecahan Masalah

    1. Meningkatkan mutu guru yayasan
    2. Peningkatan sarana dan prasarana TK.
    3. Memfungsikan manajemen dalam proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu

    Manajemen dlm pengelolaan pembelajaran terjadi melalui proses ;

    1. Perencanaan 3. Pelaksanaan

    2. Pengorganisasian 4. Pengawasan

    Bab II

    PEMBAHASAN

    1. Alasan Pemilihan Strategi Pemecahan Masalah

    1. Untuk meningkatkan mutu guru, baik guru yayasan maupun guru negeri.
    2. Untuk meningkatkan sarana dan prasarana TK.
    3. Untuk mengfungsikan manajemen dalam proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu.

    Untuk mencapai suatu satuan pendidikan seperti TK, mempunyai komponen yang saling menunjang satu dengan yang lainnya, yaitu :

    1. Komponen Manajemen

    2. Komponen Ketenagaan

    3. Komponen Peserta Didik (Murid)

    2. Hasil atau Dampak yang Dicapai dari Strategi yang Dipilih

    1. Dampak terhadap mutu guru yayasan
    2. Dampak terhadap sarana dan prasarana TK.
    3. Dampak fungsi manajemen terhadap proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu.

    3. Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan strategi yg dipilih

    a. Meningkatkan mutu guru

    • Jumlah guru negeri lebih sedikit dari guru yayasan.
    • Biaya operasional kegiatan diklat bagi guru yang dilaksanakan secara mandiri terbatas.

    b. Peningkatan sarana dan prasarana TK.

    • Keterbatasan lahan untuk perluasan ruang kelas.
    • Penggunaan halaman sekolah sebagai area bermain terbatas.
    • Jmlh alat peraga yang belum memadai dgn jumlah murid tiap kelas.

    c. Fungsi manajemen dalam proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu.

    • Keterbatasan sumber dana

    4. Faktor-faktor Pendukung

    a. Meningkatkan mutu guru

    Bekerjasama dengan Yayasan Aisyiyah, GOPTKI, IGTKI-PGRI serta Instansi terkait Sulawesi Tengah dalam mendatangkan narasumber dari luar daerah pada Pelatihan dan Workshop yang diadakan.

    b. Peningkatan sarana dan prasarana TK.

    Komite TK menjalin kerjasama dengan Sponsor-sponsor serta Partisipasi masyarakat dan orang tua murid dalam pengadaan sarana dan prasarana sekolah.

    c. Fungsi manajemen dalam proses pembelajaran di

    TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu.

    Adanya frekuensi pertemuan Komite dengan kepala TK sebanyak empat bulan sekali

    5. Alternatif Pengembangan

    I. Program Jangka Pendek

    II. Program Jangka Menengah

    III. Program Jangka Panjang

    Bab III
    KESIMPULAN & REKOMENDASI

    1. Kesimpulan

    a. Peningkatan mutu guru

    • Memiliki motifasi dan kinerja serta disiplin terhadap tugas
    • Kemampuan guru dalam pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) meningkat.
    • Seluruh personil TK melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing ( tupoksi ).

    b. Peningkatan sarana dan prasarana TK.

    • Terlaksananya renovasi ruang kelas, toilet murid, serta perbaikan alat bermain/alat peraga.
    • Terwujudnya pengelolaan perpustakaan mini yang cukup baik.
    • Semakin Terpeliharanya sarana dan prasarana TK.

    c. Fungsi manajemen dalam proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu.

    • Kepala Sekolah sebagai pengelola sekolah (manager) telah melaksanakan fungsi dan tugasnya dgn baik.
    • Terciptanya partisipasi nyata dari seluruh komponen TK dalam mengambil keputusan.
    • Guru mampu menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).

    2. Rekomendasi

    • Secara managerial perlu diberikan dorongan, difasilitasi & diberikan perhatian khusus terutama dlm hal bantuan finansial yang dianggarkan secara terprogram setiap tahunnya.
    • Agar seluruh kepala TK yang ada di Sulawesi Tengah pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya untuk lebih meningkatkan etos kerja, dan kemampuan untuk berkreatifitas didalam mengelola taman kanakkanak.
    • Perlu diberikan dorongan dan bantuan dana untuk mengikuti barbagai kegiatan pelatihan / penataran termasuk studi lanjut, baik melalui program penyetaraan S1 PGTK.
    • Kepada Pemerintahan Kota Palu (Dinas Pendidikan) diharapkan perlu menyalami secara komprehensif berbagai permasalahan berkenaan dengan sarana dan prasarana (APE), bantuan pendanaan bagi tenaga honorer serta perlunya lanjutan pendidikan bagi guruguru dengan ijazah SPG ke D2 PGTK dan ke S1.

    LAMPIRAN-LAMPIRAN

    MAIMUN LAWIRA, S.Sos

    ( Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu )

    PRESTASI-PRESTASI YANG DICAPAI OLEH TK

    AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I PALU

    A. Prestasi TK

    • Juara I Lomba Kebersihan / Penataan TK Tingkat Kota Tahun 2005
    • Juara I Lomba Kebersihan / Penataan TK Tingkat Kota Tahun 2006
    • Nilai A untuk akreditasi TK oleh Dinas Pendidikan Kota Palu.

    B.Kepala TK

    • Juara II Guru Teladan Tingkat Provinsi Tahun 1999
    • Sekretaris Umum IGTKI-PGRI Provinsi Periode 1999-2002
    • Ketua Umum IGTKI-PGRI Provinsi Periode 2003-2008
    • Juara Harapan I Lomba Kinerja Kepala TK Tingkat Nasional di Surabaya Tahun 2005
    • Instruktur Guru TK Tingkat Kota Palu
    • Instruktur Guru TK Tingkat Provinsi
    • Juara I Kepala TK Berprestasi Tingkat Kecamatan Palu Timur Tahun 2008

    C.Guru-guru TK

    1. Ibu Guru Mastin M. Rahman

    • Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan Palu Timur Tahun 2004
    • Juri Lomba Tari Tingkat Kecamatan Tahun 2005
    • Narasumber pada KKG sesuai jadwal
    • Peserta Pelatihan / Workshop Tingkat Nasional Tahun 2004

    2. Ibu Guru Warda

    • Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan Tahun 2005
    • Instruktur di DEPAG Provinsi Tahun 2005
    • Narasumber pada KKG sesuai jadwal
    • Juara VII Lomba Tari Kreasi di LPMP Jakarta Tahun 2007

    3. Ibu Guru Fatma

    • Juara I Lomba Mendongeng Tingkat Provinsi Tahun 2005
    • Juara II Guru Teladan Tingkat Kota Tahun 2006
    • Juara I lomba Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan Tahun 2008
    • Guru Pembimbing Mahasiswa PPL DII Unismuh Tahun 2004
    • Ketua KKG Gugus II Kecamatan Palu Timur

    4. Ibu Guru Titik Trisiwiyanti

    • Juara I Lomba Kreatifitas Guru TK Tingkat Kota Palu Pada Tahun 2006
    • Juara I Lomba Kreatifitas Guru TK Tingkat Provinsi Pada Tahun 2006
    • Koordinator Taman Pendidikan Al-Qur’an
    • Peserta Seminar dan Workshop ditingkat Provinsi

    5. Ibu Guru Andi Lasma

    • Juara II Lomba Karaoke Guru TK Tingkat Kota Palu Tahun 2007
    • Bendahara Gugus II KKG Kecamatan Palu Timur

    6. Ibu Guru Eni, Tati dan Jumirah

    • Juara II Senam Poco-poco Tingkat Kota Palu Tahun 2008 dalam rangka Hardiknas

    D.Anak Didik

    Juara I Lomba Sepak Bola Mini Tingkat Kota Tahun 2003

    Juara III Lomba Busana Merah Putih Tingkat Kota Tahun 2003

    Juara I Lomba Kendaraan Hias Tingkat Kota Tahun 2004

    Juara I Lomba Busana Merah Putih Tingkat Kota Tahun 2004

    Juara I Putra Lomba Tarik Tambang Tingkat Kota Tahun 2003

    Juara III Putri Lomba Lari Estafet Tingkat Kota Tahun 2003

    Juara I Lomba Melukis Tingkat Kecamatan Tahun 2005

    Juara I Lomba Mewarnai Gambar Tingkat Kota Tahun 2005

    Juara I Lomba Mewarnai Gambar Tingkat Kecamatan Tahun 2005

    Juara I Lomba Kendaraan Hias Tingkat Kota Tahun 2006

    Juara I Lomba Busana Daerah Kaili Tingkat Kota Tahun 2006

    Juara I Lomba Mewarnai Gambar Tingkat Kota Tahun 2006

    Juara I Lomba Mewarnai Gambar dlm Rangka HUT Proklamasi Tahun 2007

    Juara I Lomba Mewarnai Gambar dalam Rangka Hardiknas Tahun 2007

    Juara I Lomba Busana Daerah Kaili dlm Rangka Hardiknas Tahun 2007

    Juara I Lomba Kreatifitas Anak dalam Rangka Hari Anak Nasional Tahun 2007

    Juara I Lomba Mewarnai Gambar dalam Rangka HUT IGTKI Tahun 2008

    Juara Harapan I Lomba Mewarnai Gambar dalam Rangka HUT IGTKI Tahun 2008

    Juara III Lomba Mewarnai Gambar dalam Rangka HUT Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2008

    Juara I Lomba Busana Kaili dalam Rangka Hardiknas Tahun 2008

    – Juara II Lomba Mewarnai dalam Rangka Hardiknas Tahun 2008

    – Juara II Putri Lomba Gerak Jalan dalam Rangka HUT IGTKI Tingkat Kota Palu Tahun 2007

    Data Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu

    No.

    Jumlah Guru

    Tata Usaha

    Penjaga TK

    Satpam

    Jumlah

    PNS

    Yayasan

    Bantu

    1.

    9

    19

    2

    2

    1

    1

    34

    Data Murid 2 Tahun Terakhir TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Palu

    No.

    Kelompok

    Jumlah Murid

    Keterangan

    Tahun 2006/2007

    Tahun 2007/2008

    1

    A

    43

    35

    Jumlah ruang kelas = 10

    2

    B

    185

    175

    Kelas A = 2

    Jumlah

    228

    210

    Kelas B = 8

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: