KREATIVITAS SISWA DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT DALAM KEGIATAN SABTU CERIA PADA TK NEGERI PEMBINA ALAS – NURNIAH, S.Pd. (NTT)

Rasional

—

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003

karakteristik khusus peserta didik di taman kanak-kanak .

Layanan pendidikan yang lebih bersifat alamiah, memiliki nilai rekreatif, mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan anak, serta memperkuat pribadi anak sejalan dengan kedudukannya sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Kegiatan Sabtu Ceria telah dilakukan selama dua tahun dan terbukti sangat mendukung peningkatan kualitas siswa baik secara akademik maupun non akademik.

Permasalahan

Bagaimana bentuk layanan pendidikan yang bercirikan pengembangan bakat, minat, dan kemampuan yang bersifat kreatif, rekreatif, aktif, dan menyenangkan?

Strategi Pemecahan Permasalahan

“Strategi Kemitraan Partisipatif “

Makna Sabtu Ceria

Untuk Guru

— Seimbang

— Amanah

— Benar

— Terpelihara

— Ulet dan Unggul

Untuk Siswa

— Cekatan

— Energik

— Riang dan Gembira

— Inovatif

— Aktif dan Kreatif

Dampak Kegiatan

—

  • Siswa menampakkan motivasi tinggi untuk mengikuti program layanan pendidikan di sekolah;
  • Siswa menjadi hidup gembira dan ceria dimana anak-anak dapat memperkuat hubungan dengan sesama teman , dan meningkatkan komunikasi dengan para guru;
  • Siswa mendapat perhatian dari guru dalam berbagai aktivitas mereka seperti berkomunikasi, mendemonstrasikan kemampuan.
  • Guru memperoleh kemudahan dalam memahami peserta didik sehingga masalah masalah Siswa dapat diatasi dengan segera; misalnya; masalah penyesuaian diri; masalah pergaulan dengan teman-teman; dan masalah-masalah emosi lainnya.
  • Para orangtua Siswa merasa senang karena kegiatan memberikan motivasi kepada anak; dan para orangtua pun banyak belajar dari cara-cara guru dan anak-anak berinteraksi dan berkomunikasi dalam beragam aktivitas. Orangtua dapat mendukung pendidikan bagi anak-anak mereka ketika anak-anak itu telah kembali berada di rumahtangga;
  • Minat masyarakat untuk memasukkan putra putrinya ke Taman kanak-kanak semakin tinggi; khususnya ke TK Pembina; sehingga jarak TK Pembina yang agak jauh. Ini berarti bahwa upaya membangun citra positif lembaga pendidikan telah berhasil

Kendala yang Dihadapi

—

  1. Untuk melaksanakan kegiatan memerlukan dana yang cukup besar terutama untuk kegiatan yang bersifat khusus / memerlukan peralatan; sedangkan sumber dana sangat terbatas. Kendala ini dapat diatasi dengan memacu semangat dan kreativitas guru.
  2. Jarak antara TK dengan pemukiman penduduk agak jauh sehingga kerap kali ada saja peserta didik yang terpaksa tidak hadir disebabkan kendala kendaraan dan atau kendala kegiatan orangtua.

Faktor Pendukung

—

  1. Para guru sangat antusias mengisi kegiatan; dan mereka memiliki daya kreasi yang baik dalam merancang kegiatan;
  2. Lingkungan sekolah yang cukup luas memungkinkan untuk melaksanakan kegiata dengan baik;
  3. Para pembina pendidikan di Kecamatan Alas sangat mendukung kegiatan ini;

Alternatif Pengembangan

—

  • Memperkaya mode kegiatan yang dapat ditampilkan / diterapkan berupa permainan atau aktivitas edukatif lainnya;
  • Memperluas jangkauan penggunaan melalui proses sosialisasi ke TK lainnya

Simpulan

—

  1. Kreatifitas Siswa dalam mengembangkan bakat dan minat merupakan yang efektif dalam mengembangkan program dan kegiatan pendidikan.
  2. Kepemimpinan kepala sekolah dan semangat pengabdian para guru merupakan factor-faktor utama dalam mewujudkan kreatifitas siswa bagi pengembangan sekolah.
  3. Kepala sekolah, guru, orangtua, serta stakeholder pendidikan lainnya merupakan sumber daya yang tersedia dan siap untuk masuk dalam strategi kemitraan partisipatif karena pada hakekatnya layanan dan upaya pendidikan anak adalah tanggungjawab bersama.
  4. Program dan kegiatan SABTU CERIA Sangat kaya dengan aktivitas fisik maupun psikologis sehingga sangat efektif untuk menumbuhkembangkan Bakau, minat, kreativitas, dan kemampuan anak-anak, dan kegiatan ini sangat fleksibel dan terbuka untuk pembaruan dan pengayaan.
  5. Makna konotatif SABTU CERIA mengandung semangat dan motivasi kuat bagi guru dan siswa; yaitu SABTU berarti Seimbang, Amanah, Benar, Terpelihara, dan Ulet unggul; sedangkan CERIA berarti Cekatan, Enerjik, Riang kembira, Inovatif, dan Aktif kreatif.

Rekomendasi

—

  1. Strategi Kemitraan Partisipatif merupakan konsep strategi dalam kepemimpinan pendidikan yang perlu diperluas penerapannya di setiap lembaga pendidikan melalui kebijakan pemerintah yang tersedia.
  2. Dapat diterapkan di seluruh lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak.
  3. Kepada pemerintah direkomendasikan agar pengembangan layanan pendidikan prasekolah/Taman Kanak-kanak mendapat perhatian yang seimbang seperti halnya pendidikan dasar..

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: